KKM Kelas 8 Semester 1

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR,  STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                :      SMP Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester              : VIII / 1

Standar Kompetensi      :    Mendengarkan

1,  Memahami wacana  lisan berbentuk laporan

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

1.

1.1   Meng­­­ana­lisis laporan

Siswa

1. Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan

yang diperdengarkan dengan kalimat singkat

2. Mampu menganalisis pola urutan waktu atau

ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

 

 

 

1.2   Me­nang­gapi isi laporan

1.  Mampu menanggapi laporan perjalanan

teman dengan mengajukan pertanyaan atau

pendapat

2.  Mampu membrikan masukan terhadap

laporan perjalana teman.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003 Palembang,    Agustus  2012

Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

 

 Nama Sekolah                :      SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester              : VIII / 1

Standar Kompetensi      :     Berbicara

2. Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

2.

2.1   Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

1.             Mampu menyebutkan pengertian wawancara.

2. Mampu menjelaskan etika wawancara yang

baik.

3. Mampu menyebutkan jenis pertanyaan yang

dapat dibuat pewawancara

4. Mampu membuat daftar pertanyaan untuk

wawan-cara.

5.  Mampu melakukan wawancara dengan nara-

sumber

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

 

 

 Nama Sekolah                 :     SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                 :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                :     VIII / 1

Standar Kompetensi       :     Berbicara

  1. Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

2.2  Menyampaikan laporan secara lisan dengan

bahasa yang baik dan benar

1.   Mampu mencatat pokok-pokok laporan

berdasarkan pola urutan waktu, ruang atau

topik

2. Mampu menyampaikan laporan secara lisan

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

Nama Sekolah                  :     SMP Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :    Membaca

3.   Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai,  membaca cepat

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

3.

3.1. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi / buku telepon dengan membaca memindai

1.   Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat.

2.   Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat.

3.  Mampu mengemukakan kembali informasi itu

dengan bahasa sendiri.

3.2.  Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah.1.   Mampu menuliskan pengertian pe-tunjuk.

2.   Mampu membaca arah mata angin.

3.        Mampu menulis pengertian denah

4.   Mampu membaca, denah.

5.   Mampu mendeskripsikan rute Per-jalanan yang pailng mudah ke arah tempat yang dituju sesuai denah

6.   Mampu membuat denah.

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                  :     SMP Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :    Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai,  membaca cepat

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

  .3.3. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca

cepat 250 kata permenit.

1.   Mampu menjelaskan cara membaca  membaca cepat.

2.   Mampu mengukur / menghitung kecepatan membaca diri sendiri / teman  dengan metode tertentu.

3.   Mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai teks bacaan.

4.  Mampu menentukan ide pokok tiap paragrap teks bacaan

5.  Mampu menyimpulkan isi teks bacaan

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                  :     SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :     Menulis

4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

4

4.1 Mwnulis laporan dengan menggunakan bahasa

ang baik dan benar

1.  Mampu menyebut kan  pengertian laporan

2.  Manpu menyebutkan pokok-pokok laporan

2.  Mampu menulis kerangka laporan

3.  Mampu menuliskan  kerangka laporan  ke

dalam beberapa paragraf

4.  Mampu  menyunting  kebali tulisan sendiri

dengan memperhatikan penggunaan ejaan

dan tanda  baca.

4,2  Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan

sekolah dengan sis­te­matika yang  tepat  dan

bahasa baku

1. Mampu menyebutkan pengertian surat dinas

2. Mampu menentukan sistematika surat dinas

3. Mampu  menuli  surat dinas dengan bahasa

Baku

4. Mampu menyunting surat dinas

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

 PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

 

Nama Sekolah                  :     SMP Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :    Menulis

  1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

4.3   Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif

1.  Mampu mendata urutan melakukan sesuatu

2. Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa

petuntuk

3. Mampu menulis petunjuk dengan bahasa

yang efektif

4. Menyunting bahasa petunjuk

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

Nama Sekolah                  :     SMP Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :     Mendengarkan

  1. Mengapresiasi pementasan drama

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

5

 

5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama

1. Mampu mengapreseasi drama yang diperdengarkan

2. Mampu menceritakan kembali isi drama

3. Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama

4. Mampu menanggapi  tiap-tiap unsur denganalasan  logis

 
5.2 Mengapreseasi  peran tokoh dalam  pementasan drama

1. Mampu  menyebut kan latar/ tempat yang terdapat  dalam naskah drama.

2. Mampu menjelaskan karakter tia- tiap tokoh

3. Mampu  mengevaluasi pemeran tokoh dengan  alasan yang logis

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                  :     SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :     Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan Siswa

Jumlah

Skor

6

 

Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa

1.  Mampu  menentukan nama tokoh dalam   drama

2.  Mampu  menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis  siswa

3.  Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang  dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang  tepat

 

        Bermain pe­ran dengan cara  impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangk-a nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa1. Mampu menentukan karakter to­koh

2. Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka

naskah

 

 

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM) 

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                  :     SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :     Membaca

                                               7. Memahami teks drama dan novel remaja

 

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

7

 

7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

1.  Mampu menyebutkan pengertian drama                            2.  Mamapu menyebutkan jenis-jenis drama

3.  Mampu menyebutkan unsur-unsur intrisik teks

drama

4.  Mampu menganalisis unsur-unsur teks drama

5 . Mampu mendiskusikan keterkaitan antar unsur

intrinsik

6.  Mampu menyunting  naskah teks drama

 

7.2 Membuat sinopsis  novel  remaja Indonesia

1. Mampu  menjelaskan pengertian novel

2. Mampu  menuliskan unsur-unsur novel

3. Mampu  menganalisis berdasarkan unsu- unsur yang    terdapat dalam novel tersebut

4. Mampu menulis sinopsis novel

 

 

 

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

 

 

 

 

 

 

 

 

PENENTUAN KRITERIA  KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, STANDAR KOMPETENSI, DAN MATA PELAJARAN

 

Nama Sekolah                  :     SMP  Negeri 12 Palembang

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                 :     VIII / 1

Standar Kompetensi        :    Menulis

8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama

No.

Kompetensi Dasar / Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Penentuan

KKM

Indikator

KKM

Kompetensi

Dasar

KKM

Standar

Kompetensi

KKM

Mata

Pelajaran

Tingkat

Kesulitan

Materi

Sarana

Pendukung

Tingkat Kemampuan

Siswa

Jumlah

Skor

  8  8.1 Menulis kreati nas­kah drama sa­tu babak denganmem­perhatikan  keaslian ide

1.  Mampu menyusun kerangka nas­kah drama

yang mengandung ke­aslian ide.

2.  Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita

Menjadi  teks drama satu babak yang

mengandung keas­li­an ide.

8.2 Menulis kreatif  nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan kaidah penu­lisan naskah

drama

1,  Mampu menyusun   kerangka cerita drama.

2.  Mampu menulis naskah drama satu babak

berdasarkan kerangka cerita drama dengan

memperha-tikan kaidah penulisan naskah

drama

Mengetahui,Kepala SMPN 12 Palembang

 

 

 

Supriyadi, S.Pd

NIP. 196201111987031003

  Palembang,    Agustus  2012Guru Mapel Bhs Indonesia.

 

 

 

L I a n a, S.Pd

NIP.197505142008012005

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s