POKOK-POKOK BERITA DAN IMPLEMENTASINYA

Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya

 

Pengertian Berita

            Apa berita itu?  Berita adalah laporan kejadian atau peristiwa atau pendapat yang menarik dan penting disajikan secepat mungkin kepada khalayak melalui media seperti surat kabar, radio, televisi, dan media online internet. Berita dapat juga didefinisikan  pernyataan antarmanusia sebagai pemberitahuan tentang peristiwa atau keadaan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis atau lisan, atau dengan isyarat.  

 

Sumber Berita  

            Secara leksikal , sumber berarti asal. Sumber berita mengandung arti asal dari berita atau asal dari  keterangan mengenai peristiwa atau pernyataan manusia.  Ada dua sumber berita yaitu: 

• Peristiwa
Berita dapat bersumber dari peristiwa atau kejadian-kejadian seperti gempa, pertandingan  
olahraga, banjir, kecelakaan lalu lintas, seminar, pameran, dan sebagainya.
• Manusia
Berita dapat bersumber dari pendapat manusia mengenai suatu peristiwa yang disaksikannya atau   pendapat manusia yang tidak disaksikannya.

 

Teras Berita

            Teras berita (lead) adalah bagian berita yang terletak pada alinea pertama sebuah berita dan merupakan bagian dari komposisi atau susunan berita, yaitu terletak setelah judul berita (head) dan sebelum badan berita (news body). Teras berita mempunyai kedudukan yang sangat penting setelah judul berita berkenaan dengan kemenarikan sebuah berita. 

Terdapat lima bentuk teras berita yang umumnya digunakan, yaitu:
1)  teras simpulan (teras berita yang menyimpulkan atau memadatkan),

2)  teras pernyataan (teras berita yang berupa pernyataan),  

3)  teras kutipan (teras berita yang berupa kutipan ucapan seseorang),

4) teras kontras (teras berita yang berisi sesuatu yang bertentangan dengan apa   yang sedang  berlaku di dalam masyarakat), dan 

5) teras ekslamasi (teras berita yang berisi sebuah ungkapan yang menunjukkan jeritan, rasa sakit, dan ungkapan yang sejenis. 

 

Pengertian Pokok-Pokok Berita

 

            Mengungkapkan kembali isi berita tidak berarti mengulang kembali apa yang dibacakan oleh pembaca berita, tetapi kamu cukup menyarikan isi berita. Sari berita sama halnya dengan pokok-pokok penting  dalam berita, yakni seputar pertanyaan 5W + 1H atau yang sering disebut unsur-unsur sebuah berita, dalam banyak literatur  sebuah berita seharusnya berisi hal berikut.  

 

•  What  (apa yang terjadi).                               

•  Who (siapa yang menjadi bahan berita).  

•  Where (dimana peristiwa itu terjadi). 

•  When (kapan peristiwa itu terjadi).  

•  Why (mengapa hal itu terjadi). 

• How (bagaimana jalannya peristiwa itu).

 

Nilai Berita

Sebelum berita dipublikasikan, terdapat empat nilai yang harus dipenuhi oleh sebuah berita yang layak dipublikasikan, yakni:

  • Nilai kecepatan sebuah berita harus cepat. Unsur kecepatan berkenaan dengankeaktualan dan ketepatan waktu. Berita yang sudah terjadi beberapa waktusebelumnya tidaklah memiliki nilai layak muat bagi penerbitan tertentu.

•    Nilai kenyataan

     Nilai kenyataan berkenaan dengan kefaktualan sebuah berita,  berarti berita itu berdasarkan fakta atau kenyataan yang sebenarnya bukan fiksi atau karangan.

  • Nilaikepentingan
    Nilai kepentingan berkenaan dengan sebuah berita yang menyangkut kepentingan orang banyak. Jika sebuah berita menyangkut kepentingan  banyak orang  maka akan bernilai tinggi. Sebaliknya, jika berita tidak menyangkut kepentingan  banyak orang maka tidak akan bernilai tinggi.
  • Nilaikemenarikan
    Kemenarikan dari sebuah berita akan mengundang orang untuk membaca atau mendengar dan atau menonton berita tersebut. Berita dapat menarik apabila bersifat menghibur, bermanfaat, mengandung keganjilan, dan  menyentuh emosi atau menggugah perasaan.

 

Perbedaan berita di radio dengan berita di TV

 

            Memahami berita yang diperdengarkan berbeda dengan memahami berita dari media cetak. Untuk memahami berita yang disampaikan melalui media cetak, kita dapat membacanya. Jika kita belum memahami isi berita, kita dapat mengulangi membaca. Hal ini disebabkan berita dari media cetak berupa tulisan yang dapat  didokumentasikan. Untuk memahami berita radio atau televisi diperlukan konsentrasi yang cukup. Hal ini dikarenakan sifat beritanya hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan. Adapun perbedaan antara berita radio dan berita televisi diuraikan di bawah ini.

  • Berita yang disiarkan melalui radio hanya menyuguhkan aspek audio sehingga kita hanya bisa mendengar  tanpa bisa melihat wajah dan ekspresi penyiar radio.
  • Berita yang disiarkan melalui televisi menyuguhkan aspek audio visual sehingga kita bisa mendengar dan melihat wajah maupun ekspresi penyiar televisi.   

 

 

Tujuan dan manfaat berita radio/TV

 

Tujuan berita radio maupun televisi:

  1. menyampaikan informasi berupa peristiwa penting, aktual, faktual, dan menarik secara cepat sehingga langsung diterima khalayak, dan
  2. dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak.

 

Berita di radio maupun televisi mempunyai manfaat, diantaranya:

  1. berita yang disajikan melalui radio maupun televisi cepat diterima oleh khalayak dibandingkan berita yang disajikan melalui media cetak, dan
  2. berita di televisi menampilkan rekaman dan gambar yang membuat penonton mengetahui secara detail kejadian yang diberitakan.

 

Teknik Menemukan Pokok-Pokok Berita Radio/Televisi

Pada saat menyimak sebuah berita, tentu Kamu ingin dapat memahami isi berita yang kalian simak. Agar Kamu dapat menyerap informasi yang disampaikan sehingga dapat memahami maksud dari berita tersebut, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyimak berita dari radio atau televisi, yaitu:

  • konsentrasi,
  • memahami pesan pokok tiap kalimat,
  • mencatat hal-hal penting/pokok berita: apa yang diberitakan, di mana peristiwanya, kapan peristiwa tersebut terjadi, mengapa hal tersebut terjadi, dan bagaimana hal tersebut terjadi, dan
  • merumuskan isi berita dengan cara mendeskripsikan pokok-pokok berita yang telah dicatat. 

 Gambar

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s